Melalui Vidcon, Bupati Sinjai Ikuti Rakor Bersama BPK Sulsel

SINJAI – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Selatan melakukan rapat koordinasi Penyampaikan Kebijakan Pemeriksaan LKPD TA 2019 pada Pemda se-Sulsel melalui video conference (vidcon) dengan para Bupati dan Walikota se Sulawesi Selatan, Kamis (9/4/20).

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) juga mengikuti kegiatan tersebut di Ruang kerjanya. Bupati didampingi Inspektur Inspektorat A. Adeha Syamsuri, Kepala BPKPAD Hj. Ratnawati Arif serta sejumlah Auditor Inspektorat Sinjai.

Dalam video conference tersebut Kepala BPK RI perwakilan Sulawesi Selatan Wahyu Priyono menyampaikan terkait dengan metode pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK pasca mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ia mengatakan bahwa BPK mengambil sejumlah langkah sebagai respon atas kebijakan pencegahan penyebaran wabah virus corona. Salah satunya metode pemeriksaan dilakukan melalui desk audit dan teleconference untuk wawancara.

“Pemeriksaan LK akan dilakukan mulai tanggal 13/14 April 2020 olehnya itu kami meminta agar pemerintah daerah membentuk tim counterpart sebagai PIC atas kebutuhan dokumen atau jadwal wawancara yang akan tim BPK butuhkan”, katanya.

Sementara untuk entry meeting kata Wahyu Priyono akan dilakukan melalui teleconference yang jadwalnya akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Usai rapat twrsebut, Kepala BPKAD Sinjai Hj. Ratnawati Arif aaat ditemui mengatakan bahwa vidcom dalam rangka kesiapan semua Pemda untuk melakukan audit LKPD yang sejak bulam Maret telah diserahkan BPK perwakilan Sulsel.

“Hari ini kita dapat informasi bahwa pada tanggal 13 april sudah dimulai audit secara online untuk menghindari tatap muka langsung termasuk dokumen yng dibutuhkan akan dikirim melalui email atau WhasApp”, katanya.

Sementara itu Inspektur Inspektorat Sinjai A. Adeha Syamsuri menambahkan bahwa akibat kondisi sekarang ditengah wabah covid-19 berdasarkan protokol kesehatan sesuai standar WHO maka pemerksaan LKPD akan dilakukan berbasis elektronik.

“Kita akan entry meeting menggunakan sarana vidcon, WA dan email. Sesuai petunjuk BPK, kita juga akan bentuk satgas yang menjadi penghubung dengan perwakilan BPK Sulsel,” tandasnya. (AaN/Fatmawati Kominfo Sinjai)

BERITA INI TELAH TAYANG LEBIH AWAL DIPORTAL RESMI PEMKAB SINJAI

Tinggalkan Balasan