Gandeng Van Ojek, Pemkab Terapkan Belanja Online Sembako

SINJAI, Pemerintah Kabupaten Sinjai menghadirkan layanan belanja daring atau online untuk kebutuhan pokok masyarakat. Kebijakan yang dilaunching Selasa malam (7/04/20) di Rumah Jabatan Bupati Sinjai ini diharapkan bisa meminimalisir keramaian di pasar saat wabah virus corona atau Covid-19.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan dalam suasana kewaspadaan covid-19 ini kebutuhan pokok masyarakat harus tetap terpenuhi maka dibutuhkan inovasi agar penjual dan pembeli aman dari penyebaran virus ini.

“Guna memastikan masyarakat tetap dirumah namun tetap dapat membeli kebutuhan pokok, kita terapkan sistem belanja online dengan menjalin kerjasama salah satu vendor jasa kurir karya anak muda Sinjai yakni Van Ojek,” kata Bupati.

Bupati menegaskan dengan diterapkannya sistem online masyarakat tidak perlu berbondong-bondong datang ke pasar dan memborong sembako serta menghindari kerumunan sebagai penerapan social dan physical distancing untuk memutus penyebaran Covid-19, lindungi diri dan lindungi sesama.

“Bagi masyarakat yang ingin belanja ke pasar, cukup berdiam diri di dalam rumah karena pesanan belanja sudah diwakilkan oleh aplikasi dan kurir yang ada, ini tentunya salah satu upaya menerapkan physical distancing di tengah pandemi virus corona, ” pungkasnya.

Pemaparan terkait penggunaan aplikasi Van Ojek

Bupati juga memberi apresiasi dengan karya yang diciptakan oleh anak muda Sinjai dalam mengikuti perkembangan yang ada dan berharap aplikasi yamg diciptakan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Saya lihat aplikasinya sangat kompherensif dan semoga bisa membantu para pedagang berjualan tanpa adanya interaksi secara langsung dengan pembeli,” ujar Bupatii.

Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sinjai Ir. H. Ramlan Hamid menyatakan terobosan kerja sama dengan Van Ojek  ini  sejalan dengan  upaya pemerintah daerah fokus untuk menjamin dan mempersiapkan stok pangan termasuk urusan pendistribusiannya ditengah wabah covid-19.

“Dengan adanya aplikasi dari Van Ojek ini dapat memudahkan masyarakat kita berbelanja apa yang menjadi kebutuhan sehari-harinya tanpa harus ke pasar dan ini tentunya membuat masyarakat kita tinggal saja di rumah, ” imbuhnya.

Terkait dengan proses pembelian dan pengantaran pesanan, Pemerintah Daerah akan menyesuaikan sesuai dengan protokol pencegahan virus corona.

“Driver  akan selalu melengkapi diri dengan memakai masker,  sarung tangan dan sebelum beroperasi kendaraannya akan disemprot cairan disinfektan,” ungkapnya.

Pemerintah daerah berkomitmen untuk bekerjasama dalam mengembangkan aplikasi ini termasuk dengan menggandeng pihak perbankan sehingga kedepan metode belanja seperti ini semakin diminati masyarakat.

Sementara itu Owner Van Ojek A.Mulawarman Zainal merasa tersanjung dan bersyukur dengan adanya kerjasama ini khususnya dalam upaya membantu pemerintah daerah disaat kondisi perekonomian yang tidak menentu ditengah terjangan virus corona.

Dalam launching ini turut dihadiri oleh Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai Hendra Saad, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib dan Kepala BPKAD Sinjai Hj. Ratnawati Arif. (AaN Komonfo Sinjai)

BERITA INI TELAH TAYANG LEBIH AWAL DIPORTAL RESMI PEMKAB SINJAI

Tinggalkan Balasan