Deretan Aplikasi yang Naik Daun Selama Wabah Covid-19

WE Online, Jakarta

Netflix Inc memimpin persaingan antara YouTube, Amazon Prime, dan Disney+ dengan lebih dari 59 juta angka download pada kuartal pertama tahun 2020. Namun, jumlah waktu yang dihabiskan dimenangkan oleh Youtube Kids karena penggunaan meningkat pesat setelah penutupan ribuan sekolah pada bulan Maret.

Dilansir dari Reuters (2/4/2020), YouTube, yang dimiliki oleh Alphabet Inc, mengumpulkan US$ 110 juta dalam aplikasi selama periode waktu yang sama dan menjadi yang tertinggi di antara aplikasi streaming utama secara global, menurut sebuah laporan oleh perusahaan analitik Apptopia dan Braze.

Baca Juga: Bisnis Media Takluk Digempur Corona, Disney Ikut Terguncang, Netflix Juga Belum Tentu Tenang!

Laporan itu tidak memberikan jam penggunaan aktual, tetapi peringkat YouTube Kids pertama, diikuti oleh Netflix. YouTube sendiri berada di posisi ketiga.

Laporan itu juga menunjukkan bahwa platform streaming game milik Amazon.com Inc, Twitch, juga di antara aplikasi seluler yang paling banyak diunduh secara global, mengumpulkan hampir US$ 20 juta pengeluaran pengguna pada periode yang sama.

Gim online milik Riot Games, “League of Legends” saat ini adalah game yang paling banyak ditonton di platform, menurut TwitchMetrics, yang melacak popularitas game di platform.

Pandemi virus corona dan gerakan yang dihasilkan di seluruh dunia untuk bekerja dari rumah telah mendorong ledakan penggunaan game online, streaming, dan komunikasi, memberi tekanan pada infrastruktur dan kecepatan perusahaan streaming.

Zoom Video Communications Inc mengatakan pada hari Rabu malam bahwa pengguna hariannya telah meningkat menjadi lebih dari 200 juta pada bulan Maret dari maksimum tahun lalu 10 juta.

Sesi streaming video hanya pada perangkat seluler melonjak 31% pada bulan Maret, menurut Apptopia dan Braze.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.

BERITA INI TELAH TAYANG LEBIH AWAL DIWARTA EKONOMI

Tinggalkan Balasan