Duit Negara Terbatas, Indonesia Tak Seberlimpah China

WE Online, Jakarta

Pengamat ekonomi Sutrisno Iwantono minta pemerintah lebih fokus menangani penyebaran virus corona atau COVID-19 karena persoalan ekonomi akan menjadi lebih mudah diatasi jika penyakit ini tertangani.

“Dalam situasi begini harus fokus pada akar masalah, yaitu wabah virus corona itu. Jadi segala daya diarahkan untuk menghentikan penyebaran virus corona” kata Iwantono di Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Terjungkal, Kemenkeu Pasrah Cuma Bisa Mantau?!

Peneliti senior pada Institute of Developing Entrepreneurship ini tidak mempermasalahkan langkah stimulus yang dilakukan pemerintah. Namun Iwantono mengatakan uang negara terbatas.

“Sebaiknya difokuskan untuk menghentikan penyebaran virus corona lebih dulu,” katanya.

Ia mengatakan, ada dana tambahan pembiayaan APBN Rp405,1 triliun tetapi terbagi-bagi untuk berbagai pengeluaran antara lain Rp75 triliun untuk kesehatan, Rp110 triliun untuk social safety net, Rp70,1 trilun untuk insentif perpajakan dan stimulus KUR (Kredit Usaha Rakyat), serta Rp150 triliun untuk program pemulihan ekonomi nasional.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.

BERITA INI TELAH TAYANG LEBIH AWAL DIWARTA EKONOMI

Tinggalkan Balasan